Tanya Jawab Tentang Merger UTZ - Rainforest Alliance

Rainforest Alliance dan UTZ (sebuah program sertifikasi terkemuka untuk kopi, kakao, teh dan hazelnut) telah melakukan merger! Kami akan mulai membangun organisasi baru kami pada bulan Januari 2018. Organisasi yang baru akan melanjutkan menggunakan nama Rainforest Alliance.

Dibawah ini adalah beberapa pertanyaan dan jawaban yang terkait dengan merger tersebut.

Umum

Sertifikasi

Perusahaan

Petani dan Produsen

Lembaga Sertifikasi

Sustainable Agriculture Network

Mengapa melakukan merger?

Rainforest Alliance dan UTZ melakukan merger untuk menanggapi tantangan kritis yang dihadapi umat manusia saat ini: deforestasi, perubahan iklim, kemiskinan sistemik, dan kesenjangan sosial. Kami menyatukan kekuatan masing-masing karena kami percaya bahwa bersama, kita akan berada di posisi yang lebih baik untuk mencapai dampak skala besar, yang diperlukan untuk mengatasi segala tantangan ini secara efektif.

Misi kami adalah membangun masa depan dimana alam dilindungi dan keanekaragaman hayati berkembang, petani dan pekerja serta masyarakatnya sejahtera, dan dimana tata guna lahan yang berkelanjutan dan praktik usaha yang bertanggung jawab adalah norma yang dianut. Kami membayangkan sebuah dunia dimana manusia dan alam berkembang secara harmonis.

^ Kembali ke atas

Mengapa merger penuh, bukan sekedar berkolaborasi?

Kedua organisasi memiliki sejarah panjang dalam menciptakan dampak penting pada pertanian berkelanjutan dan dalam meningkatkan sertifikasi, dengan kekuatan di sektor dan geografis yang berbeda-beda. Rainforest Alliance membawa nilai merek dan keahlian dalam konservasi lanskap yang efektif untuk mendorong rantai pasokan yang bertanggung jawab. UTZ telah terbukti sukses dalam membawa rantai nilai berkelanjutan ke skala yang lebih besar. Bersama, kami akan memiliki jangkauan yang lebih luas dan suara yang lebih kuat, memungkinkan kami untuk menciptakan dampak yang lebih besar lagi.

Dengan merger secara penuh, dan bukan sekedar berkolaborasi sebagai dua organisasi terpisah, kami dapat memfokuskan talenta, keahlian dan kemampuan bersama untuk misi tunggal. Dengan menggabungkan kekuatan bersama, kami dapat membangun organisasi yang memiliki pengetahuan yang dalam dan kemampuan yang luas untuk mencapai dampak yang lebih besar di lapangan. Hal ini tidak dapat dilakukan oleh kedua organisasi secara terpisah.

^ Kembali ke atas

Mengapa sekarang?

Perubahan iklim. Kekeringan. Kemiskinan di pedesaan. Deforestasi. Untuk mengatasi tantangan dunia yang paling mendesak, organisasi keberlanjutan harus terus berkembang dan berinovasi. Untuk setiap krisis mendesak yang kita hadapi, ada solusi yang nyata, namun solusi tersebut membutuhkan kolaborasi yang berani dan efektif dari perusahaan dan pemerintah, petani dan komunitas hutan – dan tentu saja, dari kita semua. Kami percaya bahwa Rainforest Alliance dan UTZ – dua organisasi dengan rekor nyata dalam mentransformasi sektor dan lanskap dimana mereka bekerja – dapat meningkatkan dan mempercepat perubahan ini dengan menggabungkan kekuatan bersama.

^ Kembali ke atas

Apakah merger ini dilakukan karena sertifikasi tidak berhasil?

Tidak. Seiring dengan meningkatnya popularitas sertifikasi, demikian pula pentingnya pemantauan, penjaminan dan ketertelusuran pihak ketiga yang independen dan ketat. Sebagai satu organisasi, kami akan terus menjadi yang terdepan dalam sertifikasi. Kami juga akan memiliki jangkauan geografis yang lebih luas dan suara yang lebih kuat, yang berarti manfaat lebih besar untuk petani dan komunitas hutan, perusahaan, konsumen, dan akhirnya, planet kita. Kami berkomitmen untuk memperbaiki sistem sertifikasi, meningkatkan investasi pada teknologi dan penelitian yang mendukungnya dan melakukan inovasi yang terus-menerus pada bidang ini.

^ Kembali ke atas

Apakah merger ini untuk menghemat biaya?

Tidak. Kami melakukan merger karena didorong oleh misi bersama. Merger ini akan memungkinkan kami menghasilkan dampak yang lebih besar dan menjadi lebih efisien. Dengan bergabung, kami akan mampu berfokus pada inovasi di setiap layanan kami, berinvestasi pada teknologi baru, dan mendukung perubahan kebijakan yang diperlukan untuk menciptakan dunia dimana manusia dan alam dapat berkembang bersama.

^ Kembali ke atas

Apakah satu organisasi mengambil alih organisasi lain?

Tidak, ini adalah merger antara dua organisasi dengan persyaratan yang sebanding.

Kedua organisasi memutuskan untuk merger setelah melihat kekuatan masing-masing, yaitu rekam jejak dalam menghasilkan dampak positif terhadap pertanian dan komunitas hutan, perusahaan, konsumen, dan planet kita – selama 30 tahun bagi Rainforest Alliance dan 15 tahun bagi UTZ pada saat terjadinya merger. Meskipun kedua organisasi dapat saja melanjutkan untuk bekerja berdampingan, kami memutuskan untuk melakukan merger karena yakin kami akan lebih baik jika bergabung bersama.

Seluruh anggota dewan dari kedua organisasi akan bergabung dengan dewan baru, dan akan ada dua kantor pusat, di Amsterdam dan New York. Nama organisasi yang baru adalah Rainforest Alliance, dan sebagai CEO adalah Han de Groot dari UTZ. Nigel Sizer akan beralih dari posisinya sebagai Presiden Rainforest Alliance saat ini, menjadi Chief Program Officer dari Rainforest Alliance yang baru.

^ Kembali ke atas

Apakah misi organisasi baru?

Kami membangun masa depan dimana alam dilindungi dan keanekaragaman hayati berkembang, petani dan pekerja serta masyarakatnya sejahtera, dan dimana tata guna lahan yang berkelanjutan dan praktik usaha yang bertanggung jawab adalah norma yang dianut. Kami membayangkan sebuah dunia dimana manusia dan alam dapat berkembang secara harmonis.

Bagaimana melakukannya? Kami akan mengajak perusahaan, pemerintah, petani dan komunitas hutan, ilmuwan, dan masyarakat sipil untuk menciptakan dunia yang lebih lestari. Bersama, kita akan memulihkan lanskap pertanian dan melindungi hutan; mendorong penghidupan yang berkelanjutan dan membangun ketahanan iklim di wilayah yang rentan; mengubah praktik usaha, mendorong inovasi rantai pasokan, dan melibatkan konsumen dalam perubahan yang positif.

^ Kembali ke atas

Apakah Rainforest Alliance yang baru akan tetap bekerja di bidang kehutanan?

Ya. Pimpinan Rainforest Alliance tetap berkomitmen penuh pada program kehutanan dan dalam melawan deforestasi. Rainforest Alliance yang baru akan terus memajukan kehutanan lestari melalui inisiatif kegiatan usaha komunitas, proyek pelatihan dan bantuan teknis, serta layanan penjaminan dan pengadaan bagi perusahaan yang ingin menerapkan rantai pasokan yang bebas deforestasi. Rainforest Alliance yang baru juga akan melakukan advokasi untuk mendorong kebijakan dan prakarsa yurisdiksi dalam pelestarian hutan di lanskap dan sektor yang diprioritaskan. Akhirnya, Rainforest Alliance yang baru akan melanjutkan program pengembangan lanskap berkelanjutan terpadu, yang mencakup pelatihan yang ketat dan bantuan teknis dalam hal kehutanan yang bertanggung jawab.

^ Kembali ke atas

Apakah Rainforest Alliance akan melanjutkan program-program dan inisiatif yang berada diluar cakupan sertifikasi, seperti program lanskap berkelanjutan dan program pelatihan dan bantuan teknis yang luas?

Rainforest Alliance akan melanjutkan pengembangan lanskap berkelanjutan, juga program pelatihan dan bantuan teknis. Program-program ini sangat penting dalam strategi Rainforest Aliance yang telah terbukti dalam melestarikan sumber daya alam dan meningkatkan penghidupan. Tujuan kami untuk mengintegrasikan program-program yang telah lama berjalan ini secara lebih efektif lagi dengan sistem sertifikasi yang lebih baik dan lebih kuat, adalah salah satu askpek yang paling menarik dari merger ini.

^ Kembali ke atas

Apakah nama organisasi yang baru?

Organisasi yang baru akan menggunakan nama Rainforest Alliance, yang memiliki pengakuan merek yang kuat di sejumlah pasar konsumen penting diseluruh dunia, dan ini adalah aset utama yang kami tidak ingin kehilangan dalam merger ini. Aset ini, ditambah dengan kepiawaian UTZ dalam keterlibatan bisnis dan sektor, berarti kami akan tumbuh lebih kuat melalui kerja kami dalam organisasi yang baru.

^ Kembali ke atas

Siapakah yang akan menjadi CEO?

Han de Groot, yang saat ini merupakan direktur eksekutif UTZ, akan mengambil posisi sebagai CEO Rainforest Alliance. Nigel Sizer, yang saat ini merupakan presiden Rainforest Alliance, akan mengambil posisi sebagai Chief Program Officer, mengarahkan advokasi, serta program lanskap dan penghidupan (landscapes and livelihoods). Rainforest Alliance yang baru akan terus beroperasi sebagai organisasi non-pemerintah dan nirlaba.

^ Kembali ke atas

Dimanakah kantor pusatnya berada?

Organisasi yang baru tidak akan memiliki satu kantor pusat saja. Dua lokasi utamanya adalah di Amsterdam dan New York, tetapi organisasi ini tentu saja akan mempertahankan kehadirannya secara global.

^ Kembali ke atas

Apakah akan ada program sertifikasi baru?

Ya. Dalam tahun 2019 kami akan menerbitkan program sertifikasi baru, yang dibangun berdasarkan sistem terbaik UTZ dan Rainforest Alliance saat ini. Program ini akan mencakup standar baru untuk produsen dan sistem chain of custody baru. Akan ada juga struktur biaya dan kebijakan pelabelan baru bagi perusahaan yang memasok bahan bersertifikat.

^ Kembali ke atas

Bagaimana program sertifikasi yang baru akan dikembangkan?

Tahun 2018 akan didedikasikan untuk membangun organisasi baru kami dan untuk menyelesaikan proses konsultasi meluas dengan seluruh pemangku kepentingan kami. Kami akan mengadakan proses konsultasi mengenai identitas merek kami dan penawaran nilai (value offerings) kepada perusahaan (termasuk masa depan label UTZ, struktur biaya, kebijakan pelabelan, dan pendekatan pasar), dan kami akan membuka konsultasi penuh untuk pengembangan standar, sesuai dengan persyaratan ISEAL. Kami juga akan berkonsultasi bagaimana sebaiknya mengelola transisi ke program sertifikasi yang baru.

^ Kembali ke atas

Bagaimana masa depan label UTZ dan segel Rainforest Alliance?

Kami akan terus menggunakan dan berinvestasi pada logo dan segel Rainforest Alliance, keduanya memiliki pengakuan merek yang kuat di kalangan konsumen di berbagai pasar utama. Kami akan melakukan pengkajian pasar dan proses konsultasi menyeluruh untuk mengembangkan penawaran nilai penuh kepada perusahaan, termasuk masa depan label UTZ, struktur biaya, kebijakan pelabelan, dan pendekatan pasar.

Apapun hasil dari konsultasi tersebut, kami akan menyediakan panduan langkah demi langkah untuk membantu perusahaan yang memasok barang Rainforest Alliance Certified™ dan/atau barang yang bersertifikat UTZ untuk melakukan transisi ke sistem yang baru. Perusahaan yang memasok barang bersertifikat UTZ dapat melanjutkan permohonan persetujuan pemberian label UTZ setidaknya selama tiga tahun setelah publikasi program sertifikasi yang baru di tahun 2019. Kami akan membimbing perusahaan melalui transisi langkah demi langkah yang menyediakan cukup waktu untuk melaksanakan perubahan yang diperlukan.

Tidak diizinkan menggunakan label secara bergantian. Bahan yang bersertifikat UTZ hanya dapat dijual atau diberi label sebagai UTZ, dan bahan bersertifikat Rainforest Alliance hanya dapat dijual atau diberi label sebagai Rainforest Alliance.

^ Kembali ke atas

Produk-produk apa sajakah yang akan dikerjakan?

Kami akan memutuskan ini di tahun 2018 sambil membangun strategi untuk organisasi yang baru.

^ Kembali ke atas

Mengapa pemakaian segel Rainforest Alliance sudah pasti diteruskan tetapi belum jelas apa yang akan terjadi dengan label UTZ?

Kami memutuskan bahwa organisasi yang baru akan membawa nama Rainforest Alliance, dan lebih jauh lagi bahwa kami akan terus menggunakan dan berinvestasi pada segel Rainforest Alliance. Kami mengambil pilihan ini karena pengakuan konsumen yang kuat – suatu aset berharga yang kami tidak ingin kehilangan.

Akan tetapi, karena kami akan membangun program sertifikasi yang sama sekali baru berdasarkan sistem yang terbaik dari kedua organisasi, kami ingin segala keputusan akan beragam topik yang luas – termasuk masa depan label UTZ, struktur biaya, kebijakan pelabelan, dan pendekatan pasar – untuk diinformasikan melalui konsultasi pemangku kepentingan dan riset pasar.

^ Kembali ke atas

Siapa yang akan melakukan audit?

Kami akan mempertahankan prinsip kerja sama dengan lembaga sertifikasi independen, mitra kami yang sangat berharga.

^ Kembali ke atas

Apakah program/label UTZ dan Rainforest Alliance dapat digunakan secara bergantian dari sekarang?

Tidak. Program sertifikasi UTZ dan Rainforest Alliance akan berjalan secara terpisah dan paralel sampai diterbitkannya program baru pada tahun 2019. Hal ini berarti bahan bersertifikat UTZ hanya dapat dijual, dipasok, dan diberi label sebagai UTZ, juga bahan bersertifikat Rainforest Alliance hanya dapat dijual, dipasok, dan diberi label sebagai Rainforest Alliance.

^ Kembali ke atas

Mengapa tidak dibuatkan pengaturan sementara – misalnya pengakuan standar bersama, logo yang dapat digunakan bergantian, dsb.?

Kami ingin memfokuskan upaya kami untuk mengembangkan standar dan sistem baru yang akan diluncurkan pada tahun 2019; pengaturan sementara akan mengalihkan energi kami dari upaya tersebut sehingga akan sangat terbatas.

^ Kembali ke atas

Apa artinya merger ini bagi perusahaan yang bekerja sama dengan Rainforest Alliance dan memasok barang yang bersertifikat Rainforest Alliance?

Program-program UTZ dan Rainforest Alliance saat ini berjalan secara paralel sampai diterbitkannya satu standar sertifikasi baru dan peluncuran program sertifikasi di tahun 2019. Apabila anda telah memasok barang bersertifikasi Rainforest Alliance, anda dapat melanjutkannya. Kami akan terus menggunakan dan berinvestasi pada “segel katak hijau” di masa depan, namun program sertifikasi baru sesudah tahun 2019 tidak akan sama persis dengan program sertifikasi Rainforest Alliance yang ada sekarang.

Sebagai gantinya, program baru ini dirancang dengan menyatukan program-program yang terbaik dari UTZ dan Rainforest Alliance. Akan ada beberapa perubahan, dan perubahan ini akan diinformasikan melalui proses konsultasi luas yang akan kami luncurkan pada tahun 2018. Dipandu oleh masukan anda dan para pemangku kepentingan lainnya, kami akan mengembangkan penawaran nilai penuh kami kepada perusahaan, termasuk struktur biaya, kebijakan pelabelan dan pendekatan pasar. Ketika sistem sertifikasi baru dipublikasikan pada tahun 2019, akan ada periode transisi yang cukup lama bagi perusahaan dan produsen untuk beralih ke sistem yang baru.

^ Kembali ke atas

Apakah sekarang saya harus disertifikasi oleh kedua standar ini?

Tidak. Program sertifikasi UTZ dan Rainforest Alliance akan berjalan secara terpisah dan paralel sampai diterbitkannya program baru di tahun 2019.

^ Kembali ke atas

Apakah saya dapat memasok barang dari UTZ dan memakai segel Rainforest Alliance atau sebaliknya?

Tidak. Sampai diterbitkannya program sertifikasi Rainforest Alliance yang baru, bahan bersertifikat UTZ hanya bisa dijual, dipasok dan diberi label sebagai UTZ, dan bahan bersertifikat Rainforest Alliance hanya dapat dijual, dipasok dan diberi label sebagai Rainforest Alliance.

^ Kembali ke atas

Apakah program yang baru sesudah tahun 2019 akan menggunakan aturan 30 persen seperti yang sekarang digunakan oleh Rainforest Alliance? Apakah program yang baru akan menggunakan aturan mass balance dari UTZ dan Rainforest Alliance?

Peraturan khusus mengenai mass balance akan ditetapkan sesudah kami melakukan riset pasar dan konsultasi pemangku kepentingan, sebelum pengembangan sistem baru kami, yang akan dipublikasikan pada tahun 2019.

^ Kembali ke atas

Apakah kami masih bisa menghubungi organisasi anda dengan cara yang sama seperti biasanya?

Ya. Untuk saat ini dan kedepan tidak ada yang berubah. Anda masih dapat menghubungi kami dengan cara seperti biasa.

^ Kembali ke atas

Saya memiliki pertanian bersertifikat Rainforest Alliance. Apa yang harus saya lakukan?

Anda dapat melanjutkan untuk mengikuti Rainforest Alliance Sustainable Agriculture Standard (sebelumnya dikenal sebagai Standar SAN 2017) sebagaimana biasa. Kami akan menerbitkan program sertifikasi baru di tahun 2019, dan kami akan memandu anda langkah demi langkah dan melalui jangka waktu transisi yang cukup untuk beralih ke program yang baru.

^ Kembali ke atas

Saya adalah produsen yang memiliki sertifikat melalui kedua program UTZ dan Rainforest Alliance. Apa yang harus saya lakukan?

Anda dapat terus mengikuti kedua program dengan cara yang sama seperti sekarang. Selama jangka waktu ini, tidak dimungkinkan untuk menjual hasil panen bersertifikat UTZ sebagai Rainforest Alliance atau sebaliknya. Kedua program tetap terpisah.

Kami akan mempublikasikan standar dan program sertifikasi baru dalam tahun 2019. Standar yang baru akan berbeda dengan standar UTZ dan Rainforest Alliance yang sekarang. Setelah program sertifikasi baru diterbitkan, anda hanya perlu melakukan satu audit saja, bukannya dua seperti sekarang.

^ Kembali ke atas

Apakah saya dapat menjual hasil panen bersertifikat UTZ sebagai Rainforest Alliance atau sebaliknya?

Tidak. Hasil panen bersertifikat UTZ hanya dapat dijual sebagai UTZ, dan hasil panen bersertifikat Rainforest Alliance hanya dapat dijual sebagai Rainforest Alliance. Kedua program tetap berjalan secara terpisah untuk saat ini.

Kami akan menerbitkan program sertifikasi baru di tahun 2019. Standar yang baru akan berbeda dengan kedua standar saat ini.

^ Kembali ke atas

Megapa kami tidak dimungkinkan untuk menjual barang bersertifikat UTZ sebagai Rainforest Alliance atau sebaliknya?

Kami ingin mefokuskan upaya kami untuk mengembangkan program sertifikasi baru yang akan dipublikasikan di tahun 2019, daripada membuat pengaturan sementara.

^ Kembali ke atas

Saya ingin mendapatkan sertifikasi untuk pertama kalinya. Untuk saat ini apakah saya sebaiknya memilih UTZ atau Rainforest Alliance?

Anda sebaiknya memilih program manapun yang terbaik untuk anda saat ini dan untuk waktu mendatang sampai tahun 2019.

Kami akan menerbitkan program sertifikasi baru di tahun 2019 yang menyatukan hal-hal terbaik dari kedua sistem yang ada dan memberikan dukungan langkah demi langkah pada saat itu, kami belum tahu bagaimana rinciannya. Sistem yang baru akan mencakup perubahan di kedua sistem yang sekarang.

^ Kembali ke atas

Apakah standar yang baru akan lebih rendah atau lebih tinggi (lebih longgar atau lebih ketat) bagi petani?

Tujuan kami adalah untuk mengembangkan standar yang berdampak dan terukur, menyatukan elemen terbaik dari kedua standar tersebut. Ini tidak berarti akan lebih ketat atau lebih sulit. Fokus kami adalah untuk menciptakan dampak positif bagi petani yang bekerja dengan standar tersebut dan memberikan kerangka kerja bagi mereka untuk memperbaiki penghidupan sekaligus melindungi lanskap dimana mereka hidup dan bekerja. Hal ini harus dapat diukur, sehingga kita dapat memperluas manfaat sertifikasi lebih jauh lagi.

^ Kembali ke atas

Apakah standar yang baru akan lebih berbasis perbaikan/kinerja?

Standar Pertanian Berkelanjutan dari Rainforest Alliance dan UTZ saat ini didasarkan pada standar yang mensyaratkan tingkat kepatuhan tertentu sejak Tahun Pertama, diikuti oleh perbaikan terus menerus selama beberapa tahun. Dengan standar yang baru, kami bertujuan untuk menyatukan yang terbaik dari keduanya, dan kami akan mengkaji bagaimana kita dapat memperkuat pengakuan atas perbaikan tersebut. Akan ada konsultasi yang luas atas pengembangan standar baru ini di tahun 2018, sesuai dengan persyaratan ISEAL.

^ Kembali ke atas

Apakah standar yang baru akan ditujukan untuk seluruh pertanian atau hasil panen tertentu?

Hal ini masih belum diputuskan, dan akan menjadi salah satu topik konsultasi di tahun 2018.

^ Kembali ke atas

Siapa yang akan melakukan audit?

Untuk saat ini, anda dapat melanjutkan pengaturan audit dengan cara yang sama dan menggunakan lembaga sertifikasi yang sama seperti biasanya. Kami akan terus bekerja sama dengan lembaga sertifikasi independen, mitra kami yang sangat berharga.

^ Kembali ke atas

Apakah akan ada perubahan permintaan pasar untuk hasil panen bersertifikasi di masa depan?

Kami akan mempublikasi program sertifikasi baru di tahun 2019, menyatukan yang terbaik dari program UTZ dan Rainforest Alliance. Hal ini berarti ada kemungkinan pasar yang lebih besar bagi bahan bersertifikasi dibandingkan jika anda hanya mengikuti satu program saja pada saat ini.

^ Kembali ke atas

Bagaimana saya dapat memiliki suara di dalam standar yang baru?

Pada tahun 2018 akan ada konsultasi global terhadap pengembangan standar baru, terbuka bagi seluruh kelompok pemangku kepentingan. Kami akan menghubungi anda kembali mengenai proses konsultasi ini.

^ Kembali ke atas

Apa artinya merger ini bagi lembaga sertifikasi?

Lembaga sertifikasi Rainforest Alliance yang berwenang akan terus melakukan audit dan sertifikasi menggunakan Rainforest Alliance Sustainable Agriculture Standard (sebelumnya dikenal sebagai Sustainable Agriculture Network Standard atau Standar SAN 2017). Lembaga sertifikasi UTZ yang diakui akan terus melakukan audit menggunakan Kode UTZ, sebagaimana biasa, dan hal yang sama berlaku untuk lembaga sertifikasi yang berwenang melakukan audit untuk kedua sistem. Lembaga sertifikasi hanya dapat melakukan audit menggunakan Rainforest Alliance Sustainable Agriculture Standard atau Kode UTZ jika mereka telah diberi wewenang untuk melakukan hal tersebut.

Lembaga sertifikasi Rainforest Alliance, RA-Cert, akan melanjutkan fungsinya sebagai lembaga sertifikasi. Rainforest Alliance berkoitmen untuk melindungi kredibilitas dan transparansi program ini dan melakukan langkah-langkah tambahan untuk lebih meningkatkan independensi RA-Cert dan integritas program sertifikasi Rainforest Alliance.

^ Kembali ke atas

Apa yang seharusnya dilakukan lembaga sertifikasi?

Untuk saat ini, lembaga sertifikasi harus terus melakukan audit dengan cara yang sama (bisnis seperti biasa). Lembaga sertifikasi UTZ yang diakui dapat terus melakukan audit menggunakan standar UTZ dan lembaga sertifikasi Rainforest Alliance yang diakui dapat terus melakukan audit menggunakan Rainforest Alliance Sustainable Agriculture Standard 2017 (sebelumnya dikenal sebagai Standar SAN)

Pada tahun 2019 kami akan mempublikasikan program sertifikasi baru. Kami akan terus bekerja sama dengan lembaga sertifikasi independen, yang merupakan mitra penting kami. Jika anda menerima pertanyaan dari klien anda, yakinkan mereka bahwa program sertifikasi UTZ dan Rainforest Alliance akan tetap berjalan dengan cara yang sama dalam beberapa tahun kedepan.

^ Kembali ke atas

Apakah organisasi yang baru akan terus bekerja sama dengan semua lembaga sertifikasi yang saat ini bekerja sama dengan UTZ dan Rainforest Alliance, atau jumlahnya akan berkurang?

Dalam tahun 2019 kami akan menerbitkan program sertifikasi yang baru. Kami akan terus bekerja sama dengan lembaga sertifikasi independen, yang merupakan mitra berharga kami. Bagaimana secara jelasnyanya kami akan bekerja sama dengan lembaga-lembaga sertifikasi tersebut masih belum diputuskan, namun kami akan memberitahu anda jika ada perubahan, pada waktu yang tepat.

^ Kembali ke atas

Apakah organisasi yang baru akan menerima aplikasi lembaga sertifikasi baru?

Kami belum memutuskan hal ini. Kami sedang mengkaji sistem perizinan dan pengelolaan lembaga sertifikasi UTZ dan Rainforest Alliance untuk melihat bagaimana langkah yang terbaik untuk ke depan.

^ Kembali ke atas

Apakah lembaga sertifikasi yang diakui untuk UTZ sekarang dapat melakukan audit untuk Rainforest Alliance/SAN, dan sebaliknya?

Tidak. Status perizinan lembaga sertifikasi tetap sama. Anda tidak dapat secara otomatis melakukan audit untuk kedua program jika anda hanya diberi wewenang untuk satu saja.

^ Kembali ke atas

Dalam periode sebelum 2019 apakah lembaga sertifikasi dapat menawarkan untuk melakukan audit gabungan?

Jika anda telah diberi wewenang untuk melakukan audit gabungan maka anda dapat melanjutkannya. Jika tidak, maka tidak diperbolehkan.

^ Kembali ke atas

Apakah standar UTZ dan Rainforest Alliance mengakui satu sama lain (artinya anggota bersertifikasi UTZ secara otomatis mendapatkan sertifikasi Rainforest Alliance dan sebaliknya?)

Tidak. Kedua program berjalan secara paralel, artinya tidak ada pengakuan antara satu sama lain. Anggota bersertifikat UTZ hanya memiliki sertifikat UTZ, dan anggota bersertifikat Rainforest Alliance hanya memiliki sertifikat Rainforest Alliance.

^ Kembali ke atas

Haruskah lembaga sertifikasi yang diakui oleh UTZ mengajukan permohonan ijin Rainforest Alliance, dan sebaliknya?

Merger ini tidak mengharuskan lembaga sertifikasi yang diakui UTZ untuk mengajukan permohonan ijin Rainforest Alliance, atau sebaliknya. Organisasi yang baru akan menerbitkan satu program sertifikasi di tahun 2019, yang akan disertai dengan protokol, persetujuan lembaga sertifikasi, serta sistem manajemen baru. Anda akan diberitahu mengenai rincian ini sebelumnya, dan akan ada jangka waktu transisi untuk beralih ke standar yang baru.

^ Kembali ke atas

Apa yang harus dikatakan oleh lembaga sertifikasi kepada produsen atau perusahaan yang tidak yakin harus berbuat apa mengenai merger ini?

Harap yakinkan produsen dan perusahaan yang bekerja sama dengan anda bahwa kedua sistem akan terus berjalan secara paralel sampai diterbitkannya standar baru di tahun 2019. Kami akan memberikan panduan langkah demi langkah bagi produsen dan perusahaan untuk melakukan transisi, sebelum dan sesudah penerbitan standar baru tersebut.

^ Kembali ke atas

Bagaimana lembaga sertifikasi dapat memberikan masukan?

Lembaga sertifikasi dapat memberikan masukan terhadap standar baru dan sistem sertifikasi selama proses konsultasi pemangku kepentingan di tahun 2018.

^ Kembali ke atas

Apa hubungan yang baru dengan Sustainable Agriculture Network (SAN)?

Rainforest Alliance tetap menjadi anggota SAN dan SAN tetap merupakan mitra penting kami.

^ Kembali ke atas

Apakah SAN mendukung merger antara Rainforest Alliance dan UTZ?

Ya. SAN sangat mendukung merger ini dan berbagai peluang yang muncul sejak awal.

^ Kembali ke atas

Kapan SAN akan mengakhiri perannya dalam sertifikasi Rainforest Alliance?

Peran pengawasan SAN terhadap standar berakhir bulan November 2017. Tanggung jawab pengelolaan administrasi standar telah dialihkan kepada Rainforest Alliance, yang memiliki lisensi eksklusif untuk standar dari SAN. Nama baru untuk standar ini adalah Rainforest Alliance Sustainable Agriculture Standard.

^ Kembali ke atas

Bagaimana hubungan antara pengalihan sistem sertifikasi Rainforest Alliance/Sustainable Agriculture Network (SAN) dengan merger antara Rainforest Alliance dan UTZ?

Pada bulan Juni 2017, Rainforest Alliance mengumumkan maksud untuk melakukan merger dengan organisasi sertifikasi UTZ yang berbasis di Belanda, dibawah nama dan merek Rainforest Alliance. Organisasi yang baru bertujuan untuk menciptakan satu standar pertanian berkelanjutan yang akan menyederhanakan proses sertifikasi, dan dengan demikian dapat terus memperbaiki penghidupan petani di seluruh dunia. Sebagai bagian dari proses tersebut, SAN mulai membahas secara internal apakah mereka harus tetap fokus pada sertifikasi atau ada pilihan yang lebih efektif untuk mewujudkan misinya. Hal ini mendorong diambilnya keputusan bahwa SAN akan memfokuskan kembali pekerjaannya di bidang lain, memanfaatkan jaringan mitra lokalnya di seluruh dunia.

^ Kembali ke atas

Apa yang akan dilakukan oleh SAN setelah Rainforest Alliance mengambil alih kepemilikan sistem sertifikasi Rainforest Alliance/SAN?

Untuk informasi lebih lanjut kunjungi: www.sustainableagriculture.eco.

^ Kembali ke atas

Apakah timeline untuk transisi tersebut?

Pada bulan November 2017, peralihan operasi telah selesai. Pada tanggal 31 Desember, 2017, tanggung jawab SAN berakhir dan pada tanggal 1 Januari 2018, Rainforest Alliance akan menjadi pemilik tunggal dan operator program sertifikasi ini.

^ Kembali ke atas

Apakah implikasi logistik dari perubahan ini?

Rainforest Alliance dan SAN telah berhasil melakukan transfer melalui rencana transisi yang terinci dan memberikan kontinuitas pada program ini. Kedua organisasi telah bekerja keras untuk memastikan sistem ini dapat terus beroperasi tanpa gangguan.

^ Kembali ke atas

Forest canopy - photo by Sergio Izquierdo

Support Our Work

Create a world where people and the planet prosper together.

DONATE TODAY